Merengkuh Kerapuhan: Upaya Pendampingan Pastoral dari Perspektif William A. Clebsch dan Charles R. Jaekle di SLB Agca Center Manado

Authors

  • Frisilia Jesika Sumangkut Universitas Kristen Indonsia Tomohon Author
  • Michael Manumpil Universitas Kristen Indonesia Tomohon Author

DOI:

https://doi.org/10.70420/atohema.v2i4.182

Keywords:

anak, pastoral, disabilitas, SLB

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya pendampingan pastoral bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Agca Center Manado. Dalam realitas sosial, anak-anak berkebutuhan khusus sering mengalami penolakan, diskriminasi, dan ketidakadilan karena keterbatasan fisik, mental, dan emosional yang mereka miliki. Gereja sebagai tubuh Kristus dipanggil untuk hadir dan merangkul mereka melalui pelayanan pastoral yang bersifat menyembuhkan, membimbing, menguatkan, mendamaikan, serta menumbuhkan nilai spiritual dan martabat hidup mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi secara mendalam bagaimana praktik pendampingan pastoral diterapkan di SLB tersebut, serta dampaknya terhadap perkembangan iman, emosi, dan relasi sosial anak-anak. Melalui pendampingan pastoral yang dilakukan kepada anak berkebutuhan khusus, akan memulihkan identitas anak sebagai pribadi yang berharga di mata Tuhan. Melalui pengalaman nyata di SLB Agca Center, Gereja ditantang untuk lebih peka terhadap keberadaan kelompok yang rentan dan memperluas misinya untuk pemulihan dan kepedulian yang nyata di tengah masyarakat.

References

Anderson, Ray S. The Shape of Practical Theology: Empowering Ministry with Theological Praxis. Downers Grove, IL: IVP Academic, 2001.

Capps, Donald. Pastoral Care: A Thematic Approach. Philadelphia: Westminster Press, 1997.

Clebsch, William A., dan Charles R. Jaekle. Pastoral Care in Historical Perspective. New York: Harper & Row, 1964.

Clinebell, Howard. Basic Types of Pastoral Care and Counseling. 2nd ed. Nashville: Abingdon Press, 1984.

Gerkin, Charles V. An Introduction to Pastoral Care. Nashville: Abingdon Press, 1997.

Gultom, E. Dasar-Dasar Teologi Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Gunawan, Heri. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasinya dalam Konteks Indonesia. Bandung: Alfabeta, 2017.

Lartey, Emmanuel Y. In Living Color: An Intercultural Approach to Pastoral Care and Counseling. London: Jessica Kingsley Publishers, 2005.

Louw, Daniel. Cura Vitae: Illness and the Healing of Life in Pastoral Care and Counseling. Cape Town: Lux Verbi, 2008.

Marlina. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Alfabeta, 2015.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Oden, Thomas C. Pastoral Theology: Essentials of Ministry. San Francisco: HarperSanFrancisco, 1983.

Patton, John. Pastoral Care: An Essential Guide. Nashville: Abingdon Press, 2005.

Santrock, John W. Life-Span Development. 15th ed. New York: McGraw-Hill Education, 2019.

Simandjuntak, W.P. Teologi Pastoral Kontekstual. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Sutrisnaatmaka, Yosef. Pastoral Inklusif: Gereja yang Merengkuh yang Lemah. Malang: Dioma Press, 2021.

Wijaya, Paulus. Pastoral yang Membebaskan. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

“Data Induk Peserta Didik Sulawesi Utara.” Portal Data Kemendikdasmen. Diakses 24 Juli 2025. https://data.kemendikdasmen.go.id/data-induk/pd/170000.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Merengkuh Kerapuhan: Upaya Pendampingan Pastoral dari Perspektif William A. Clebsch dan Charles R. Jaekle di SLB Agca Center Manado. (2025). ATOHEMA: Jurnal Teologi Pastoral Konseling, 2(4), 38-63. https://doi.org/10.70420/atohema.v2i4.182

Similar Articles

11-20 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.