MENGHADIRKAN KASIH : PELAYANAN PASTORAL KONSELING UNTUK PENYANDANG DISABILITAS TUNADAKSA
DOI:
https://doi.org/10.70420/kt80er21Abstract
Pembahasan ini mengenai bagaimana bidang Pelayanan pastoral dan konseling bagi individu penyandang disabilitas melalui pemanfaatan pendekatan kualitatif deskripsi. Tujuan utama dari penelitian iniadalah untuk menegenali dan memahami persyaratan emosional dan spiritual orang-orang dengan kebutuhan khusus, Bersama dengan mengeksplorasi bagaimana pelayanan pastoral dapat secara efektif memenuhi kebutuhan ini. Kerangka teoritis yang diadopsi dalam penelitian ini mencakup teori konseling pastoral dan teori kebutuhan manusia yang mendasar, secara metodologis, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Temuan mengungkapkan bahwa individu dengan kebutuhan khusus memiliki kebutuhan emosional dan spiritual yang unik ynag belum ditangani secara mendalam. Pelayanan pastoral yang mahir dapat menawarkan dukungan emosional, meningkatkan kepercayaan diri, dengan menekankan pentingnya memberikan perlayanan pastoral yang selaras dan responsive terhadap kebutuhan khas individu dengan kebutuhan khusus.
This discussion is about how the field of pastoral and counseling services for individuals with disabilities uses a qualitative descriptive approach. The main aim of this research is to recognize and understand the emotional and spiritual requirements of people with special needs, together with exploring how pastoral care can effectively meet these needs. The theoretical framework adopted in this research includes pastoral counseling theory and fundamental human needs theory. Methodologically, this research uses in-depth interviews and participant observation. Findings reveal that individuals with special needs have unique emotional and spiritual needs that have not been addressed in depth. Skilled pastoral care can offer emotional support, increase self-confidence, by emphasizing the importance of providing pastoral care that is attuned and responsive to the unique needs of individuals with special needs.
References
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Beek, Aart Van, Pedampingan Pastoral, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007
Brek Yohan, Ibadah Generasi Milenial: Pendekatan Teologi Pastoral dalam Generasi Milenial,Depok: RajaGrafindo Persada, 2019
Brek Yohan, Konseling Pastoral Teori dan Penerapannya, Jawa Tengah: PT.Pena Persada Kerta Utama, 2023
Clinebell, Howard, Tipe-tipe Dasar Pendampingan dan Konseling Pastoral, Yogyakarta, Kanisius, 2002
Dresselhaus, Richard L, The Deacon and Hus Ministry, Springfield: Gospe; Publoshing House, 1997
Parapat Hendra, Marbun C. Rencan, Tarigan S. Iwan, Konseling Pastoral Dengan Pendekatan Client Centered Kepada Pria Dewasa Penyandang Disabilitas Tuna Daksa Yang Tidak Menerima Dirinya Di Kecamatan Manduamas, Tarutung: Sinar Kasih Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2023
Lestari, Santosa, Peran Konseling Pastoral dalam Mengurangi Kecemasan Pada Anak Tunadaksa, Jurnal Ilmiah Psikologi, 2019
Yuliana R, Hartono A, Harapan dan Kesejahteraan Spiritual: Dampak Konseling Pastoral Pada Anak Dengan Disabilitas, Jurnal Teologi, 2022
Yuliana R, Hartono A, Harapan dan Kesejahteraan Spiritual: Dampak Konseling Pastoral Pada Anak Dengan Disabilitas, Jurnal Teologi, 2022
Tumanggor, dkk, Pentingnya Pelayanan di Gereja Terhadap Tujuan Pembelajaran PAK Dewasa, Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2022
Arifianto, Priyantori, Studi Biblika Konsep Pelayanan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 1:3-18, Jurnal Teologi, 2021
Goa Lorantius, Memperdayakan Disabilitas Melalui Balai Latihan Kerja Bakti Luhur, Malang:2020
Saputri Eva Anisza, dkk, Dukungan Sosial Keluarga Bagi Orang dengan Disabilitas Sensorik, Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020
Widhiati Raden, dkk, Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Authors
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.