MEMPERKUAT IDENTITAS DESA MELALUI PEMBUATAN WEBSITE DAN LOGO UNTUK MEMPERKENALKAN DAN MEMPROMOSIKAN DESA RANOTONGKOR TIMUR

Authors

  • Manasye Maleke Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Gabriel Mangerongkonda Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Matris Yeremia Ludani Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Hanatasya Gosal Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Jeremi Raube Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Jonathan Oley Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Juana Tumarah Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Leddy G. Derek Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Lisa Sariowan Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Marcella Kondoy Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Seferia Jonas Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Sevianingsi Binilang Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Wulan Kumolontang Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Intan Legi Institut Agama Kristen Negeri Manado Author
  • Anatasya Gumirot Institut Agama Kristen Negeri Manado Author

DOI:

https://doi.org/10.70420/hospitalitas.v2i1.71

Keywords:

Identitas Desa, Pembuatan Website, Pembuatan Logo, Asset Based Community-driven Development ABCD)

Abstract

Identitas suatu desa memiliki peranan penting dalam menggambarkan karakteristik dan nilai-nilai yang menjadi bagian dari suatu kelompok masyarakat. Namun, dengan adanya arus modernisasi, identitas desa seringkali terabaikan dan terancam punah. Artikel ini membahas upaya memperkuat identitas Desa Ranotongkor Timur melalui pembuatan website dan logo sebagai media digital untuk memperkenalkan dan mempromosikan desa tersebut. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Kristen Negeri Manado terlibat dalam program ini dengan menerapkan pendekatan Asset Based Community-driven Development (ABCD) dengan tahapan 4D: Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Melalui observasi aset dan kekuatan desa, impian masyarakat, perancangan program, serta implementasi website dan logo, diharapkan desa Ranotongkor Timur dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembuatan website dan logo menjadi langkah penting untuk memperkenalkan identitas desa dan mempromosikan kekayaan alamnya. Kesimpulan dari artikel ini menunjukkan bahwa pembuatan website dan logo efektif dalam memperkenalkan serta mempromosikan desa kepada masyarakat luas, meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap identitas desa, dan memotivasi partisipasi dalam upaya mempromosikan desa Ranotongkor Timur.

References

Ananda Ibnu, Dirgahayu Teduh, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Desa Wisata di Indonesia: A Systematic Literature Review, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 8, no. 4, 2021: 2291-2302.

Haris Muhamad, Ahid Nur, M. Ridhowan, “Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Bassed Community-driven Develompment) Terhadap Santri Kelas 3 SMP Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, Vol. 1, no. 1, 2022: 29-36.

Kasanah Nur, “Optimalisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Usaha Mikro dan Kecil di Wringinanom Ponogoro” Jurnal Amaluna: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, no. 2, 2022: 83-93.

Downloads

Published

2025-04-24

Issue

Section

Articles

Similar Articles

11-12 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.