MEMPERKUAT IDENTITAS DESA MELALUI PEMBUATAN WEBSITE DAN LOGO UNTUK MEMPERKENALKAN DAN MEMPROMOSIKAN DESA RANOTONGKOR TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.70420/hospitalitas.v2i1.71Keywords:
Identitas Desa, Pembuatan Website, Pembuatan Logo, Asset Based Community-driven Development ABCD)Abstract
Identitas suatu desa memiliki peranan penting dalam menggambarkan karakteristik dan nilai-nilai yang menjadi bagian dari suatu kelompok masyarakat. Namun, dengan adanya arus modernisasi, identitas desa seringkali terabaikan dan terancam punah. Artikel ini membahas upaya memperkuat identitas Desa Ranotongkor Timur melalui pembuatan website dan logo sebagai media digital untuk memperkenalkan dan mempromosikan desa tersebut. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Kristen Negeri Manado terlibat dalam program ini dengan menerapkan pendekatan Asset Based Community-driven Development (ABCD) dengan tahapan 4D: Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Melalui observasi aset dan kekuatan desa, impian masyarakat, perancangan program, serta implementasi website dan logo, diharapkan desa Ranotongkor Timur dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pembuatan website dan logo menjadi langkah penting untuk memperkenalkan identitas desa dan mempromosikan kekayaan alamnya. Kesimpulan dari artikel ini menunjukkan bahwa pembuatan website dan logo efektif dalam memperkenalkan serta mempromosikan desa kepada masyarakat luas, meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap identitas desa, dan memotivasi partisipasi dalam upaya mempromosikan desa Ranotongkor Timur.
References
Ananda Ibnu, Dirgahayu Teduh, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Desa Wisata di Indonesia: A Systematic Literature Review, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 8, no. 4, 2021: 2291-2302.
Haris Muhamad, Ahid Nur, M. Ridhowan, “Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Bassed Community-driven Develompment) Terhadap Santri Kelas 3 SMP Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, Vol. 1, no. 1, 2022: 29-36.
Kasanah Nur, “Optimalisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Usaha Mikro dan Kecil di Wringinanom Ponogoro” Jurnal Amaluna: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, no. 2, 2022: 83-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.